Breaking News
Home / Teknologi / Teknologi Canggih Yang Pernah Diramalkan Oleh Film SCIFI

Teknologi Canggih Yang Pernah Diramalkan Oleh Film SCIFI

Film mungkin merupakan salah satu sumber inspirasi para ilmuan untuk menciptakan alat-alat ajaib dengan teknologi canggih, terutama film-film fiksi ilmiah atau scifi. Bukankah dulu kita sering takjub dengan alat-alat sakti yang ada di film dan seolah tak terbayangkan, namun saat ini sudah ditemukan atau bahkan akrab dengan keseharian. Contohnya teknologi mobil dengan fitur auto pilot atau dapat berjalan sendiri tanpa kendali manusia, saat ini sudah diproduksi secara komersil oleh Tesla.

Teknologi Canggih Yang Pernah Diramalkan Oleh Film SCIFI

Alat-alat ber-teknologi canggih yang dulu pernah hadir di film
Inilah rangkuman peralatan canggih yang dahulu pernah diramalkan keberadaannya di film.

Smartphone
Di tahun 1960 film Star-Trek pernah menampilkan adegan yang memunculkan ponsel pintar untuk berkomunikasi. Tak disangka 23 tahun kemudian, Martin Cooper menciptakan smartphone pertama yang diakunya karena mendapat ilham dari film tersebut.

Tablet serta system komunikasi dengan video call
Film A Space Odyssey yang dirilis di tahun 2001 memperlihatkan beberapa scene dimana para actor tengah mempergunakan tablet untuk berkomunikasi secara video call. Saat ini video call serta tablet sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita, bukan?

Gesture – based Interface
Film Minority Report yang dirilis di tahun 2002 memperkenalkan gawai yang dioperasikan dengan system gesture-based interface, yaitu dengan menggerakkan serta menggeser layar. Steven Spielberg yang menggarap film ini konon harus melakukan penelitian dulu secara detail untuk mengangkat teknologi tersebut ke film garapannya.

Smart Glass
Dalam film Back to the Future tampak seorang actor yang berasal dari masa depan tengah mengenakan kacamata canggih yang dapat menyampaikan berbagai informasi. Saat ini kita tentu sudah tidak merasa kaget lagi dengan perangkat tersebut, yaitu virtual reality headset atau VR. Dengan mengenakan kacamata masa depan ini kita dapat menikmati beragam konten dengan lebih seru, mulai dari film, bermain video game, dan lain-lain.

Televisi flat
Dalam banyak film fiksi ilmiah zaman dulu, televisi seringkali digambarkan sangat tipis, dan bukan lagi tabung sebagaimana layaknya model televisi yang umum pada zamannya. Nah, saat ini rasanya sudah sering sekali kita menjumpai televisi demikian ini di rumah-rumah kawasan perkotaan.

Facial recognition
Film James Bond zaman dulu memperkenalkan perangkat system keamanan dengan mengenali wajah  atau facial reconition. Saat ini alat-alat demikian bukan lagi hal yang menakjubkan karena sudah tersedia bahkan untuk perangkat smartphone.

Fingerprint
Melibatkan sidik jari sebagai system pengamanan juga sudah sangat umum saat ini sebagaimana yang pernah diramalkan oleh berbagai film fiksi ilmiah. System tersebut juga digunakan sebagai system pengamanan untuk ponsel, laptop, data presensi di kantor, dan lain-lain.

Drone
Siapa sangka pesawat tanpa awak atau drone benar-benar ditemukan dan banyak digunakan saat ini walaupun dulu hanya dianggap khayalan. Dalam film Back to the Future, terdapat adegan dimana sebuah drone mungil mengambil foto seseorang yang tengah ditahan oleh polisi. Alat ini sekarang mulai populer di kalangan masyarakat umum untuk keperluan pemotretan dari ketinggian untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik.

Online banking
Menjalani berbagai aktivitas sehari-hari tanpa uang tunai rupanya sudah banyak diimpikan orang sejak dulu. Dalam film-film scifi kerap terlihat orang menggunakan kartu untuk mengganti uang cash. Saat ini Anda dapat melakukan berbagai transaksi hanya dengan kartu, e-money, hingga ponsel. Semua bank terkemuka di Indonesia saat ini menyediakan layanan online banking dimana Anda bisa berbelanja dan bertransaksi hanya lewat smartphone.

Lengan bionic
Ingatkah Anda ada satu adegan dalam film Star Wars saat Luke Skywalker harus kehilangan tangan saat bertarung dengan lawannya. Luke pun mendapat pengganti tangan palsu bionic yang dapat bergerak lincah sebagaimana tangan normal. Tangan bionic tersebut diceritakan terbuat dari logam yang kokoh sehingga bisa digunakan dalam keseharian. Sang jagoan pun bisa segera kembali beraksi membasmi gerombolan bandit musuhnya. Tangan palsu bionic saat ini sudah berhasil dibuat dan terus-menerus mengalami perkembangan sehingga membawa harapan bagi penderita disabilitas atau mereka yang mengalami cacat permanen akibat kecelakaan.

Hologram
Teknologi hologram juga sudah semakin jamak di zaman sekarang ini, sebagaimana pada film Star Wars. Di media social sudah banyak kita temukan konten 3D yang dapat kita tonton pada layar ponsel pintar cukup dengan menambahkan plastik yang dibentuk menjadi pyramid namun dalam kondisi terbalik. Gambar hologram pun akan muncul seolah hidup dari layar ponsel Anda.

Penjelajahan di bulan
40 tahun sebelum perjalanan manusia pertama di bulan, adegan tersebut telah dimunculkan pada film Woman in the Moon. Sang sutradara Fritz Lang, mengkhayalkan perjalanan tersebut menggunakan pesawat roket hingga manusia juga mampu membuat peradapan di bulan.

Papan iklan digital
Tentu saja pemandangan kota dengan iklan digital yang terpampang di mana-mana saat ini bukan lagi hal yang aneh. Namun tahukah Anda kalau pada film Blade Runner yang dirilis di tahun 1982, papan-papan demikian ini sudah pernah muncul pada salah satu adegannya. Nah, dari ulasan tentang alat-alat masa depan dengan teknologi canggih tersebut, manakah yang paling mengesankan bagi Anda.

Check Also

Fitur-fitur Unik Pada Smartphone

Mengingat ketatnya kompetisi pada pasar smartphone pabrikan ponsel pintar pun tak segan mengeluarkan produk-produk terobosan …

One comment

  1. Semakin taun teknogi semakin berkembang, nice info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *